RSS Feed

Minggu, 07 Maret 2010

Java Jazz Band Indonesia

Gelaran Java Jazz keenam kalinya tersebut merupakan yang terbesar di dunia dan  penuh dengan puluhan ribu penonton yang didominasi oleh pasangan atau kelompok anak muda. Gelaran festival Internasional java jazz yang dimulai jum'at petang kemarin menampilkan 93 musisi solo maupun grup, dari dalam dan luar negeri dan menyanyikan lagu-lagu pop, soul, funky, acid jazz sampai pure jazz pada 21 panggung di kompleks Pekan Raya Jakarta, Kemayoran.

Salah satu group band lokal yang tampil adalah JavaJazz. Grup musik yang satu ini boleh dibilang sebagai contoh jazz supergroup dari Indonesia. Pasalnya, para pendiri JavaJazz terdiri dari sejumlah nama yang memang tak asing lagi di dunia jazz di Tanah Air. Sebut saja Indra Lesmana sebagai kibordis. Belum lagi ada Embong Rahardjo mengisi posisi saxophone dan flute. Masih kurang jazz? Ada Cendi Luntungan duduk sebagai drummer dan Ron Reeves di perkusi. Grup ini pun lengkap dengan petikan gitar Dewa Budjana dan betotan bas Jefrie Tahalele. Ini dia fotonya
Terwakili dengan nama JavaJazz, mereka seolah sedang membuat proyek ambisius untuk menyelaraskan antara tradisi musik Jawa dengan nuansa jazz. Sehingga, terdengar keunikan dalam beberapa komposisi sejumlah album seperti Bulan di Asia atau pun The Seeker, yang digarap pada 1994. Hasilnya, mereka bisa menyempurnakannya tanpa terjebak dikotomi diatonik delapan nada dan pentatonis lima nada seperti pada gamelan.

Pada 1998, JavaJazz berhasil merilis album mereka yang ketiga, Sabda Prana. Di album ini, posisi Dewa Budjana sebagai gitaris digantikan pemetik gitar Krakatau Donny Suhendra. Sementara itu, Gilang Ramadhan didaulat menjadi drummer dan perkusi JavaJazz.

Sebelas tahun berikutnya, JavaJazz kembali hadir dengan album Joy Joy Joy dengan anggota kombinasi antara dua album sebelumnya. Tentu saja minus Embong Rahardjo yang telah mengembuskan napas terakhirnya pada 2001. Dalam kesempatan ini, Indra Lesmana dikawal oleh Donny Suhendra, Dewa Budjana, A.S. Mates, dan Gilang Ramadhan.

Dalam album Joy Joy Joy, ada dua gitaris yang didaulat JavaJazz. Album yang dirilis pada 10 Desember 2009 itu seolah fokusnya bergeser kepada warna jazz rock yang menonjol dengan beberapa tambahan efek elektronis. Album yang dikemas dalam keping cakram ganda ini memuat enam komposisi baru dan enam komposisi lama.

Adonis Puentes
Alexandra Sherling
Allen Hinds
Arturo O’Farril
Bill Evans
Breakestra
Brian Lynch Latin Jazz Quartet
Brian Simpson
Carl Allen
Chieli Minucci
Christian McBride
Darryl Jones
Dave Koz
David Murray Black Saint Quartet
Emilio Santiago
Eric Benet
Eric Marienthal
George Duke
Hendrik Meurkens Samba Jazz Quartet
Hubert Laws
Ivan Lins
Jane Monheit
Jazzanova Live!
Jessy J
John Legend
Jonathan Butler
Karen Briggs
Lao Tizer
Lee Ritenour
Melvin Davis
Michael Paulo
Mindy Abair
Novello B3 Soul feat. Eric Marienthal, Melvin Davis, Ron Bruner Jr.
Randy Brecker
Robben Ford
Rodney Holmes
Ron Bruner Jr.
Ron King Big Band
Rufus & Sly Stone
Sax Divas
Sheila Majid
Soul Bop Special Edition
Special EFX
Steve Lukather
The Johnny Thompson Singers
The Rat Pack
Tony Monaco

Sumber : Any Sumber


0 komentar:

Poskan Komentar

mangacan update