RSS Feed

Senin, 01 November 2010

New Review Jurnal 1

Tema : Kepuasan Konsumen

Judul : ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN PADA TAWIN TAILOR

Oleh : Haryanti ( Universitas Gunadarma, 2003)



a. Latar Belakang



Usaha dalam meningkatkan kualitas produk dan jasa sangatlah penting bagi seorang pengusaha. Apalagi, bagi pengusaha kecil yang mayoritas peralatan serta perlengkapan untuk usahanya sangatlah sederhana, dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan besar. Dalam peningkatan kualitas produk dan jasa pengusaha kecil harus mengetahui cara-cara agar dapat mengatasi persaingan terhadap peusahaan-perusahaan besar.



Untuk dapat bersaing, maka perusahaan harus mampu mengenal karakteristik perilaku tiap konsumen. Oleh sebab itu analisis perilaku konsumen dapat memberikan komtribusi yang sangat besar bagi perkembangan perusahaan. Selain itu juga peningkatan mutu sangatlah berpengaruh bagi para konsumen untuk dapat menentukan keputusan dalam pemakaian produk dan jasa tersebut.



Tawin tailor adalah salah satu usaha kecil yang bergerak di bidang jasa dalam membuat pakaian. Hal utama yang perlu diperhatikan oleh pelayanan jasa pembuatan pakaian tersebut adalah memaksimalkan kepuasan konsumen agar dapat menikmati pelayanan yang telah diberikan. Karena hal ini berpengaruh terhadap puas atau tidaknya produk jasa tersebut dijual.



b. Tujuan Penelitian



Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang diberikan oleh Tawin Tailor.



c. Metodologi



• Data : Penelitian ini menggunakan data primer, dimana data tersebut diambil berdasarkan penelitian kuesioner yang langsung terhadap konsumen.



• Variabel : Variabel dalam peneliatian ini adalah yaitu Konsumen atau pelanggan yang biasanya menggunakan jasa Tawin Tailor



• Analisis Penelitian :

Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu dengan :



- Analisis Deskriptif : penelitian ini mengumpulkan data dengan cara inferensi yang digambarkan melalui jawaban antara populasi dan sampel.

Populasi : Seluruh pelanggan yang berkunjung selama periode bulan maret – mei 2006

Sampel : 30 pelanggan yang menerima daftar pertanyaan kuesioner



- Analisis Kuantitatif : pengujiannya dengan cara uji skala likert dan uji chi square.



• Model Penelitian



Skala Likert



















Uji Chi Square















d. Hasil Penelitian dan Kesimpulan



Berdasarkan dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa konsumen tidak merasa puas terhadap kinerja pelayanan yang diberikan Tawin Tailor dimana HO ditolak Ha diterima. Karena x2 tabel (9,48773) <>



e. Saran dan usulan lanjutan



1. Lebih meningkatkan kinerja pelayanan yang diberikan kepada konsumen dalam hal pemesanan jahitan

2. Tawin Tailor sebaiknya dapat menerima dan memperhatikan keluhan konsumen

3. Bagi peneliti selanjutnya penulis menyarankan untuk meneliti variabel-variabel lain yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen..

0 komentar:

Poskan Komentar

mangacan update