RSS Feed

Senin, 01 November 2010

New Review Jurnal 3

Tema : Kepuasan Konsumen

Judul : Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Warnet The Patch

Oleh : Adymas Saputra (Universitas Gunadarma, 2009)



a. Latar Belakang



Dengan kemajuan seperti sekarang ini, kebutuhan teknologi informasi berkembang pesat sesuai dengan zamannya. Salah satunya adalah internet yang merupakan bentuk teknologi informasi yang sering digunakan dalam mengakses berbagai data maupun informasi diseluruh dunia. Didalam dunia bisnis, internet oleh para pengusaha dijadikan salah satu usaha yaitu jasa internet atau biasa disebut Warnet. Hal yang sangat penting dalam usaha jasa internet ini adalah tidak lepas dari unsur-unsur kualitas pelayanan antara lain kecepatan program, kenyamanan, harga dan lain-lain yang kesemuanya itu juga dijadikan sebagai penilaian tingkat kepuasan.



b. Tujuan Penelitian



Tujuan penelitian yaitu ingin mengetahui tingkat kepuasan konsumen yang dilihat dari kinerja perusahaan dalam memenuhi harapan konsumen pada Warnet The Patch.



c. Metodologi



Objek Penelitian : Warnet The Patch

Data atau variabel : Data atau variabel yaitu menggunakan data primer yang diambil berdasarkan kuesioner kepada pelanggan.

Teknik Pengumpulan Data : Menggunakan kuesioner dengan skala likert 5 tingkat dari tidak puas sampai sangat puas

Hipotesis : ingin membuktikan “ Pelanggan merasa puas terhadap pelayanan pada Warnet The Patch”.

Metode analisis penelitian : Analisis Deskriptif dan analisis kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode kuesioner yang dibagikan kepada 50 orang responden. Responden dalam penelitian ini adalah pelanggan warnet The Patch. Pengolahan dan analisa data menggunakan Uji Chi-Square hitung.





d. Hasil Penelitian dan Kesimpulan



  1. Secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan Warnet The Patch. Hal ini diperlihatkan melalui hasil penelitian dengan menggunakan metode Chi Square dan metode Likert yang kesemuanya memeberikan keputusan Ha, yaitu konsumen merasa puas terhadap dimensi Tangible, emphaty, reability, dan assurance.
  2. Kepuasan konsumen terhadap kinerja Warnet The Patch mencerminkan bahwa pelanggan karena kinerja warnet dapat memenuhi harapan pelanggan kinerja warnet dapat memenuhi harapan pelanggan sehinggan timbul keperv\cayaan pelanggan untuk menggunakan kembali jasa Warnet The Patch.





e. Saran dan Usulan Lanjutan



Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan perhitungan maka dapat dilihat bahwa dibalik tingkat kepuasan konsumen yang memberikan nilai sangat baik , terdapat beberapa hal yang perlu dibenahi agar perusahaan bisa terus lebih unggul. Dalam hal ini adalah suara konsumen yang merasa tidak puas terhadap beberapa kriteria yang dirasakan kurang tersebut dapat dijadikan fokus perbaikan bagi pihak pengelola.

Lebih ditingkatkan dimensi Tangible, emphaty, reability, dan assurance.

0 komentar:

Poskan Komentar

mangacan update