RSS Feed

Minggu, 03 Oktober 2010

Review Jurnal II

Tema : Motivasi belajar

Judul : Kontribusi Iklim Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA

Oleh : Priyatna Hadinata (Universitas Gunadarma)

a. Latar Belakang Masalah

Motivasi belajar merupakan syarat mutlak untuk belajar, memegang peranan penting dalam memberikan gairah atau semangat belajar. Dengan motivasi belajar, setiap siswa memotivasi dirinya untuk belajar bukan hanya untuk mengetahui tetapi lebih kepada untuk memahami hasil pembelajaran tersebut. Iklim kelas merupakan bagian dari sekolah atau institusi yang dapat mempengaruhi motivasi belajar. Iklim kelas mengacu kepada berbagai dimensi psikologis dan sosial di dalam kelas, seperti tingkat formalitas, struktur, kecemasan, kontrol dari guru, aktivitas dan juga dorongan. Kondisi yang merupakan dimensi iklim kelas tersebut pada tiap-tiap kelas dapat bervariasi dan kemungkinan akan dapat mempengaruhi motivasi belajar setiap siswa.

b. Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji besarnya kontribusi iklim terhadap motivasi belajar siswa SMA.

c. Metodologi

§ Subjek Penelitian : Subjek penelitian berasal dari populasi siswa SMA Negeri 57 Kedoya Jakarta Barat.

§ Data : Penelitian ini menggunakan data primer. Yang dikumpulkan melalui kuesioner.

§ Sampel : Sampel pada penelitian berjumlah 121 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling berjenjang, dimana terdapat sampel pada setiap tingkatan atau strara. Setiap tingkatan diwakili oleh satu kelas.

§ Variabel Penelitian : Variabel yang dikaji dalam penelitian ini adalah yaitu

- Variabel terikat ; motivasi belajar

- Variabel Bebas ; iklim kelas

d. Hasil Penelitian dan Kesimpulan

ü Dari hasil penelitian diketahui bahwa iklim kelas memberikan kontribusi yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa SMA. Kontribusi yang diberikan dinyatakan oleh nilai koefisien determinasi sebesar 31,7%, sedangkan 68,3% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

ü Subjek penelitian menunjukkan persepsi iklim kelas positif dan memiliki motivasi belajar yang tinggi. Jadi iklim kelas mempunyai pengaruh terhadap motivasi belajar siswa.

ü Faktor lain yang kemungkinan membuat subjek penelitian memiliki persepsi yang positif terhadap iklim kelasnya adalah adanya hubungan interpersonal yang baik diantara siswa sehingga mereka merasa bagian dalam kelasnya.

ü Faktor lain yang mempengaruhi tingginya motivasi belajar siswa adalah karena siswa SMA Negeri 57 merupakan siswa pilihan dan telah memenuhi proses seleksi ketika mendaftar. Sehingga mereka yang saat ini bersekolah di SMA tersebut adalah siswa yang memiliki motivasi intrinsik.

e. Saran dan Usulan Lanjutan

Dari hasil peneliian diketahui bahwa terdapat faktor-faktor lain yang menentukan motivasi belajar. Dengan demikian dinilai perlu untuk disarankan kepada peneliti lain untuk meneliti faktor-faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar diluar faktor iklim kelas, seperti faktor budaya, keluarga dan juga individu itu sendiri.

0 komentar:

Poskan Komentar

mangacan update