RSS Feed

Minggu, 03 Oktober 2010

Review Jurnal III

Tema : Kepuasan Kerja

Judul : Pesepsi Karyawan Terhadap Keadilan Dalam Pemberian Upah Dengan Kepuasan Kerja

Oleh : Klara Innata Arishanti dan Ritandiyono ( Universitas Gunadarma 2005)

a. Latar Belakang Masalah

Para pekerja menginginkan sistem upah dan kebijakan promosi yang mereka persepsikan sebagai adil dan sesuai dengan pengharapan mereka. Bila upah dilihat adil yang didasarkan pada tuntutan pekerjaan, tingkat keterampilan individu dan standar pengupahan komunitas, kemungkinan besar akan dihasilkan kepuasan. Persepsi merupakan suatu proses pembuatan penilaian atau membangun kesan mengenai berbagai macam hal yang terdapat didalam lapangan penginderaan seseorang. Pembuatan penilaian atau kesan ini, pada hakekatnya merupakan suatu upaya pemberian makna terhadap keadilan dalam pemberian upah.

Berdasarkan hal-hal diatas muncul permasalahan apakah ada hubungan antara persepsi karyawan terhadap keadilan dalam pemberian upah dengan kepuasan kerja.

b. Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara persepsi karyawan terhadap keadilan dalam pemberian upah dengan kepuasan kerja.

c. Metodologi

¨ Subjek Penelitian : Seluruh karyawan tetap Yayasan Wacana Bhakti yang berlokasi di Jalan Pejaten Barat No. 10A Pasar Minggu Jakarta Selatan.

¨ Data : Penelitian ini menggunakan data primer. Yang dikumpulkan melalui kuesioner. Kuesioner berisi data isian identitas subjek yang meliputi nama, usia, jenis kelamin, upah atau gaji perbulan, pendidikan, jabatan dan lama kerja. Selain itu, juga terdapat pula skala persepsi karyawan terhadap keadilan dalam pemberian upah dan skala kepuasan kerja

¨ Sampel : Sampel yang diambil merupakan staff pengajar yang berjumlah 60 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode non random sampling dengan teknik accidental sampling.

d. Hasil Penelitian dan Kesimpulan

Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi yang diperoleh r = 0,502 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 (p<0,01).>

e. Saran dan Usulan Lanjutan

ü Bagi yayasan dan karyawan, pihak yayasan diharapkan dapat mempertahankan persepsi karyawan yang positif terhadap keadilan dalam pemberian upah dan kepuasan kerja dengan cara tetap menjalin hubungan yang baik antar karyawan dan tetap memperhatikan kesejahteraan karyawan, seperti tetap memperhatikan standar pengupahan karyawan.

ü Bagi peneliti selanjutnya penulis menyarankan untuk meneliti variabel-variabel lain yang berpengaruh terhadap kepuasan kerja, misalnya intensi untuk meninggalkan pekerjaan, absenteisme, atau variabel lainnya agar diperoleh hasil penelitian yang lebih komprehensif.

0 komentar:

Poskan Komentar

mangacan update