RSS Feed

Rabu, 16 Maret 2011

Bagaimana Mempromosikan Blog Baru Saya Secara Efektif ?

Apa yang teman-teman pikirkan setelah membuat blog ? Apa artinya blog bila tanpa pengunjung ?
Dua pertanyaan diatas selalu menjadi pertanyaan para sahabat newbie termasuk saya sendiri.  Saya menerapkan beberapa langkah dalam mempromosikan blog baru saya ini ( walau sebelumnya sudah mengelola beberapa blog ). Harapanya blog baru yang saya buat dapat dikenal oleh banyak orang dan saya bisa menghasilkan sesuatu dari blog tersebut.
Berikut beberapa langkah sederhana yang saya lakukan :
LANGKAH  1 :
Buatlah tulisan yang berkualitas.

Anda mungkin sering mendengar kata: “Konten adalah Raja”. jelas  konten adalah Raja. Tetapi saya ingin menegaskan bukanlah konten yang menjadi raja tetapi kualitas dari konten tersebut yang menjadi raja.
Apakah itu konten berkualitas?
Konten berkualitas adalah tulisan yang di buat oleh pemilik blog untuk para pengunjung blognya tentu saja tulisan atau konten yang dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembacanya.
Tips : setelah anda menulis konten, tanyakan pada diri sendiri apakah konten kita bermanfaat bagi pembaca ? apakah pembaca akan suka membacanya ? kalau jawabannya ia maka segeralah publish tulisannya.
LANGKAH 2
Manfaatkan social Bookmarking

Setelah membuat konten berkualitas, apa yang ingin Anda lakukan? Apakah menggunakan Trik SEO atau Social Media ?  Saya sarankan Anda untuk menggunakan social media Bookmarking.  Mengapa?
Karena blog anda baru saya pikir tidak ada satupun search engine akan merambah blog anda, karena memang perlu waktu dan optimasi khusus untuk itu. Salah satu triknya adalah dengan membuat judul yang membuat orang penasaran. Contohnya “ 10 cara yang saya lakukan untuk mendapatkan $ 1000 perbulan dari Google Adsense !.
Manfaatkan social media bookmarking yang terkenal.
Ada banyak web social media sekarang tetapi ada beberapa yang saya sarankan :
  1. Lintasberita.com dan Infogue.com. ini untuk mendatangkan pengunjung dari dalam negeri. Cerita seorang teman bila menjadi top 10 di Lintasberita.com rata-rata blog kita akan mendapatkan 1000 lebih pengunjung perhari.
  2. StumbleUpon.com, social media untuk para blogger.
  3. Digg.com  mungkin inilah web social bookmarking terbesar di dunia. Peluangnya sangat besar mendapatkan pengunjung dari sini. Semakin banyak pengunjung yang men-diggs maka semakin besar peluangnya untuk menjadi halaman pertama.
  4. Twitter.com.  saya menyebutnya ini sebagai situs cerita.
  5. FaceBook.com.  Facebook adalah situs jaringan sosial terbesar. Anda harus berbagi artikel Anda dengan teman-teman  FB anda dan akan memberi Anda pengunjung ke blog anda. caranya buat link pada status atau autogenerate pada catatan anda.
  6. Posting di Forum Online.
LANGKAH 3
Gunakan Optimasi SEO

Jika Anda berhasil melakukan dua langkah sebelumnya, maka langkah ketiga yang saya sarankan adalah menggunaan optimasi SEO. Optimasi ini termasuk di dalamnya bagaimana anda memilih kata kunci yang tepat, memanfaatkan plugin, membuat Header, tagline  dan menggunakan dasar-dasar SEO pada setiap artikel.
LANGKAH 4
Buatlah pengunjung setia Blog anda.

Setelah mendapatkan pengunjung dari  social media bookmarking dan mesin pencari langkah selanjutnya adalah bagimana mendatangkan pengunjung setia ke blog anda ? beberapa hal yang saya lakukan adalah
  1. Buatlah Feed pada blog anda, sarankan mereka berlangganan Feed anda. Pengunjung dapat berlangganan mailis gratis.
  2. Tawarkan sesuatu yang bermanfaat buat pengunjung. Misalnya Ebook yang bermanfaat sesuai dengan topik blog anda.
  3. Saya membuat FANS Facebook.
LANGKAH 5
Promosi berbayar

Anda dapat mempromosikan blog anda melalu iklan berbayar baik bersifat iklan PPC atau Banner. Tentunya ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
LANGKAH 6
Blogwalking

Manfaatkan waktu luang untuk Blog walking. Beramahtamah ke blog lain. Berkomentar yang berkualitas atau sekedar memberikan saran. Dengan cara ini blog anda akan semakin dikenal.

0 komentar:

Poskan Komentar

mangacan update