RSS Feed

Selasa, 05 April 2011

Kaki Gelisah Tanda Gangguan Jantung Serius !


Restless Legs Syndrom (RLS) atau sindroma kaki gelisah bisa menjadi pertanda buruk bagi kesehatan. Karena mereka yang sering mengalami sindrom kaki gelisah bisa menjadi tanda masalah jantung tersembunyi.

Gejala sindroma kaki gelisah biasanya ditandai dengan kejang kaki, atau gerakan kaki saat tidur. Munculnya kejang pada kaki dapat menjadi tanda adanya masalah jantung yang lebih serius.

Mereka yang mengalami sindroma ini lebih cenderung memiliki masalah penebalan jantung. Kondisi ini membuat mereka lebih rentan terhadap masalah jantung, stroke dan kematian, berdasarkan penelitian oleh dokter Mayo Clinic.

"Kami tidak mengatakan ada hubungan sebab-akibat, hanya saja kaki gelisah mungkin tanda gangguan jantung yang harus diketahui dan dipertimbangkan para dokter dan pasien," kata Dr Arshad Jahangir di Mayo Clinic, Arizona.

Jahangir, selaku pemimpin studi, memublikasikan hasil penelitiannya di sebuah konferensi American College of Cardiology di New Orleans.

Sindroma kaki gelisah diperkirakan menyerang jutaan orang di dunia. "Studi ini salah satu studi yang melihat bagaimana sindroma mempengaruhi kesehatan," pakar kardiologi, Dr Ralph Brindis dari University of California, San Francisco.

Studi melibatkan 584 orang yang terdiagnosis dengan sindroma kaki gelisah. Sebanyak 45 persen partisipan yang menggerak-gerakkan kaki dengan intensitas minimal 35 kali per jam cenderung mengalami penebalan jantung, dibandingkan lainnya. Studi berlangsung selama tiga tahun.

Orang dengan kaki gelisah tidak boleh panik. Yang perlu dilakukan adalah berbicara dengan dokter untuk menanganinya. "Tanyakan pada dokter apakah ada tes yang diperlukan untuk mencari tahu adanya proses penebalan jantung," kata Jahangir.

Lebih jauh Tentang Sindrom Kaki Gelisah

Sindrom kaki gelisah atau RLS (Restless Legs Syndrome) merupakan istilah yang digunakan untuk menjabarkan keadaan bergeraknya kaki disaat tubuh sedang beristirahat. Mereka yang memiliki kondisi seperti ini sering mengatakan bahwa mereka memiliki keinginan yang tidak dapat dikontrol untuk menggerakkan kaki mereka bahkan ketika mereka ingin tidur.

Satu-satunya hal yang dapat membuat kaki merasa lebih baik yaitu dengan bergerak. Namun, jika terjadi di tengah malam, Anda akan lebih memilih untuk tidur dibandingkan dengan berjalan-jalan. Apa yang dapat Anda lakukan?

Jutaan orang mengalami kondisi seperti ini. Beberapa merupakan warisan, namun kemungkinan terjadinya RLS dapat bertambah seiring bertambahnya usia. Dalam setiap kejadian, seiring dengan hari yang semakin malam, kaki Anda semakin sulit untuk dikendalikan.

Apa saja yang terjadi dalam kondisi ini? Ada banyak sekali kata-kata yang berbeda yang digunakan untuk menjelaskan sensasi ini, namun berikut ini adalah beberapa:

Merangkak
Perasaan Geli
Rasa Sakit
Rasa seperti dialiri listrik
Tekanan
Gatal
Panas yang membakar
Perasaan seperti ada yang berjalan perlahan

Hal tersebut terjadi di keseluruhan kaki. Hal ini juga sering terasa di bagian paha dan betis. Beberapa orang bahkan merasakan juga sensasi tersebut pada tangan dan kaki mereka.

Tidak ada satupun yang mengetahui mengapa sindrom kaki gelisah muncul. Para peneliti percaya bahwa ada kaitannya dengan tingkat syaraf pemancar tertentu, terutama dopamine. Dopamine merupakan syaraf pemancar yang mengendalikan pergerakan otot tubuh. Tingkat rendah dari dopamine dipercaya akan membawa masalah seperti hal di atas.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk bisa tidur malam dengan nyenyak lagi? Masih ada harapan. Anda dapat mengurangi ketidaknyamanan yang dialami kaki Anda dengan beberapa tips:

Berolahraga

Otot berubah dan bertumbuh sesuai dengan tegangan yang dialami olehnya. Hal ini dapat terjadi ketika Anda melakukan latihan seperti aerobik dan latihan beban. Otot memerlukan waktu untuk berisirahat dan memperbaiki diri setelah latihan yang baik dan akan membawa Anda kepada malam yang menenangkan.


Hindari kafein dan stimultan lainnya

Jika Anda ingin merasakan kesegaran di pagi hari, maka minumlah secangkir kopi. Namun, hindari meminumnya pada saat hari sudah mulai larut. Kafen dapat menstimulasi Anda secara berlebihan dan bahkan menambah pergerakan kaki di malam hari.


Latihlah pikiran Anda

Jika tubuh harus duduk, maka biarkan pikiran Anda tetap sibuk. Pada pagi hari, coba untuk membaca buku dan melatih pikiran Anda dengan mengisi teka-teki atau mencoba hobi seperti menjahit, merakit mainan atau melukis.

Lakukan mandi yang nyaman

Otot menjadi lebih lembut dan santai ketika bersentuhan dengan kehangatan. Cobalah untuk berendam semalaman dengan tambahan ekstrak lavender atau kamomil. Kedua tumbuhan tersebut dapat digunakan untuk membuat tubuh lebih santai. Berikan kedua kaki Anda pijatan sebaik mungkin untuk menenangkan mereka.

Sindrom kaki gelisah dapat mengganggu waktu tidur Anda dan seluruh hidup Anda. Gunakan tips di atas untuk mengatasi berbagai macam gejala sehingga Anda dapat mengendalikan hidup Anda kembali.

0 komentar:

Poskan Komentar

mangacan update