RSS Feed

Selasa, 25 Januari 2011

Bikin Crop Circle Hanya Butuh Waktu Lima Jam

TEMPO Interaktif, Pada Agustus 2004, John Lundberg, Rod Dickinson, dan Wil Russell diminta televisi National Geographic membuat crop circle di Silbury Hill, Wiltshire, untuk sebuah film dokumenter. Ketiganya dikenal sebagai circlemakers.

"Kami membuat sebuah formasi 200 kaki digabung dengan spiral persegi," kata Lundberg. Butuh waktu 3-5 jam untuk menyelesaikan. Menurut dia, tidak dibutuhkan peralatan canggih. Berikut ini langkah-langkah yang dilakukan circlemakers membuat pola yang menghebohkan tersebut.

1. Pilih lokasi yang lapang.
2. Buat desain diagram (beberapa circlemakers memutuskan datang dengan ide spontan ketika mereka tiba di tempat tujuan). Pola tidak hanya berbentuk lingkaran.
3. Setelah tiba di lokasi, gunakan tali dan tiang untuk mengukur lingkaran.
4. Satu circlemaker berdiri di tengah lingkaran yang diusulkan. Satu kaki mendorong tanaman agar rebah dan kaki lain untuk membuat pusat.
5. Tim membuat jari-jari lingkaran menggunakan sepotong tali yang diikat pada kedua ujungnya. Seorang anggota tim berdiri di tengah lingkaran, sedangkan yang lain berjalan di sekitar tepi lingkaran. Papan sepanjang 1,2 meter digunakan untuk menginjak-injak tanaman mengikuti garis.

howstuffworks.com | untung

Keterangan Gambar :
Fenomena Crop Circle muncul di persawahan di dusun Krasakan, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (23/1). Menurut komunitas penggiat UFO UFONESIA, Crop Circle adalah sebuah pola geometris yang dibentuk oleh pesawat luar angkasa dan dilakukan tanpa mendaratkannya. Foto: Natsir Kanthil

Sumber Berita : TempoInteraktif.Com

0 komentar:

Poskan Komentar

mangacan update