RSS Feed

Rabu, 19 Januari 2011

Sedikit Tentang Apa itu Laser

Sedikit Tentang Apa itu Laser


Mungkin semua warga indonesia lagi pada kesel karena malaysia membobol gawang indonesia 3-0 dengan cara yang curang, tapi kali ini saya bakal ngasih sedikit ilmu tentang Apa itu Laser?




http://hacknmod.com/wp-content/uploads/2008/08/lasers.jpg


LASER merupakan singkatan dari Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation yang artinya Amplifikasi Cahaya oleh Rangsangan Emisi Radiasi. Laser banyak di gunakan di beberapa pekerjaan termasuk untuk bedah, mikroskop, alat perang, pointer, dan cara curang bermain bola.


LASER merupakan mekanisme suatu alat yang memancarkan radiasi elektromagnetik, biasanya dalam bentuk cahaya yang tidak dapat dilihat maupun dapat lihat dengan mata normal, melalui proses pancaran terstimulasi. Pancaran laser biasanya tunggal, memancarkan foton dalam pancaran koheren. Laser juga dapat dikatakan efek dari mekanika kuantum.

Umumnya laser beroperasi dalam spektrum tampak pada frekuensi sekitar 1014 Hertz-15 Hertz atau ratusan ribu kali frekuensi gelombang mikro. Pada awalnya peralatan penghasil sinar laser masih serba besar dan merepotkan. Selain tidak efisien, ia baru dapat berfungsi pada suhu sangat rendah. Sinar laser yang dihasilkan belum terpancar lurus. Pada kondisi cahaya sangat cerah pun, pancarannya gampang meliuk-liuk mengikuti kepadatan atmosfer. Waktu itu, sebuah pancaran laser dalam jarak 1 km, bisa tiba di tujuan akhir pada banyak titik dengan simpangan jarak hingga hitungan meter.

Dalam teknologi laser, cahaya yang koheren menunjukkan suatu sumber cahaya yang memancarkan panjang gelombang yang diidentifikasi dari frekuensi yang sama, beda fasa yang konstan dan polarisasinya. Selanjutnya untuk menghasilkan sebuah cahaya yang koheren dari medium lasing adalah dengan mengontrol kemurnian, ukuran, dan bentuknya. Keluaran yang berkelanjutan dari laser dengan amplituda-konstan (dikenal sebagai CW atau gelombang berkelanjutan), atau detak, adalah dengan menggunakan teknik Q-switching, modelocking, atau gain-switching.

Beberapa jenis laser, seperti laser dye dan laser vibronik benda-padat (vibronic solid-state lasers) dapat memproduksi cahaya lewat jangka lebar gelombang; properti ini membuat mereka cocok untuk penciptaan detak singkat sangat pendek dari cahaya, dalam jangka femtodetik (10-15 detik). Banyak teori mekanika kuantum dan termodinamika dapat digunakan kepada aksi laser, meskipun nyatanya banyak jenis laser ditemukan dengan cara trial and error.



Kiri ke Kanan : Sinar Gamma, X-Ray, Ultraviolet, Spektrum, Infrared, Gelombang Microwave, Gelombang Radio
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Digg
Facebook
Reddit

0 komentar:

Poskan Komentar

mangacan update