RSS Feed

Sabtu, 05 Februari 2011

Google Me, Riset Jejaring Sosial Yang Akan Tandingi Facebook

Setelah sebelumnya Google berbisnis di pasar televisi digital melalui Google TV, kini giliran Google memanjakan para penikmat media sosial.

Ya, raksasa search engine ini mulai memasuki ranah situs pertemanan semacam Facebook.

Seperti kita ketahui, jejaring sosial terbesar saat ini masih dipegang Facebook dengan jumlah anggota hampir 500 juta yang tersebar di penjuru dunia. Entah karena merasa panas atau ingin menantang Facebook, Google pun membuat layanan jejaring sejenis.

Google Inc. terus mengembangkan potensi bisnis di dunia maya. Setelah menjajaki pasar televisi digital melalui Google Tv, kini daring pencarian terbesar itu mulai merambah situs jejaring sosial.

Adalah Google Me—demikian jejaring sosial debutan Google ini dinamai. Meski belum jelas apakah aplikasi ini benar-benar akan dilakukan atau sekedar eksperimen, namun CEO Digg, Kevin Rose yakin kalau Google benar akan membuat situs jejaring sosial guna menyaingi Facebook. Rose bahkan menegaskan melalui Twitternya bahwa kabar ini bukanlah rumor, melainkan memang proyek nyata.

Kali ini, Google berniat menyaingi Facebook dengan membuat Google Me. Belum jelas apakah ini benar-benar akan dilakukan atau sekedar eksperimen. Namun CEO Digg, Kevin Rose yakin Google bakal membuat situs jejaring sosia untuk menyaingi Facebook. "Saya yakin ini bukan rumor," tulis Rose di akun Twitternya. "Ini adalah proyek nyata."

Rose yang pertama kali menggaungkan dugaan ini memprediksi Google akan memanfaatkan layanan Google Buzz untuk menjaring peminat bagi Google Me. Layanan Google Buzz yang ada di setiap akun gmail, email buatan Google, memungkinkan sesama pengguna untuk menulis status di dinding mereka, berbagi link, gambar dan pikiran mereka sebagaimana layaknya Facebook.

Rose juga memprediksi, Google akan memanfaatkan layanan Google Buzz untuk menjaring peminat Google Me. Saat ini, layanan Google Buzz sudah ada di setiap akun gmail dan memungkinkan sesama pengguna untuk menulis status di dinding mereka, berbagi link/gambar layaknya Facebook.

Jakarta - Google tengah santer dikabarkan akan meluncurkan situs pesaing Facebook. Sebagai bagian dari persiapan peluncuran tersebut, kabarnya saat ini Google tengah melakukan riset terhadap berbagai jenis jejaring sosial.

Dikutip detikINET dari Telegraph, Rabu (14/7/2010), beberapa situs teknologi seperti Mashable dan TechCrunch menyebutkan, raksasa internet tersebut kini tengah mengawasi perkembangan situs jejaring sosial dan meneliti kebiasaan para penggunanya.

Tujuannya, tak lain adalah mencoba mencari tahu hal-hal yang tidak dimiliki jejaring sosial saat ini. Selain itu, tentunya agar Google Me, situs jejaring sosial yang akan diluncurkannya nanti, bisa menyesuaikan dengan selera pengguna.

Namun lagi-lagi, juru bicara Google menolak berkomentar. Pun demikian juga halnya mengenai kepastian peluncuran Google Me, mereka masih menutup mulut rapat-rapat.

Salah satu Chief Executive Google, Matt Brittin hanya menyebutkan bahwa Facebook kemungkinan besar masih bisa dikalahkan, karena masih ada peluang untuk bersaing situs jaringan sosial besutan Mark Zuckerberg itu. ( rns / wsh )

0 komentar:

Poskan Komentar

mangacan update