RSS Feed

Rabu, 02 Februari 2011

Waspada Penipuan Saat Berburu Mobil Bekas

Liputan6.com, Jakarta: Membeli mobil bekas bisa dibilang gampang-gampang susah. Kalau tidak hati-hati, Anda bisa jadi korban penipuan. Bukan hanya ditipu soal kualitas dan harga, tapi juga Anda bisa menjadi korban tindak kriminal.

Belum lama ini seorang member AstraWorld nyaris menjadi korban penipuan saat berburu mobil bekas. Kebetulan, orang ini merupakan pencinta berat jenis mobil yang akan dibelinya itu. Sepertinya dalam kasus ini si pelaku memang mengincar pencinta berat mobil-mobil jenis tertentu, sehingga seringkali pembeli terbentur pada dua kondisi: mobil yang terbatas dan jarang dijual, sementara saingan yang sama-sama berburu mobil sangat banyak. Beruntung, sebelum terlambat orang tersebut segera tersadar dan mengurungkan transaksi.

Modusnya begini: si penjual mobil memasang iklan di media massa, lengkap dengan spesifikasi dan nomor telepon. Harga yang ditawarkan pun sangat menarik. Begitu calon pembeli (korban) menghubunginya, si penjual dengan amat yakin menyatakan bahwa sebenarnya mobilnya sudah akan dibeli orang, tapi jika benar-benar berminat mobil bisa diserahkan asal langsung transfer ke rekening. Minimal, tanda jadi.

Anehnya, tiap kali calon pembeli ingin melihat langsung mobil tersebut (apalagi mengetahui alamat jelasnya), ada saja alasan si penjual yang mengarahkan proses jual beli ini berlangsung tanpa acara tatap muka. Sebaliknya, dia terus mengkondisikan supaya calon pembeli segera men-transfer uang tanda jadi. Kecurigaan itulah yang membuat calon pembeli ini membatalkan transaksi.

Calon pembeli yakin bahwa iklan dan negosiasi via telpon tersebut bagian dari jerat penipuan setelah beberapa hari kemudian masih sering melihat mobil dengan spesifikasi dan harga tersebut masih diiklankan di media massa. “Logikanya, seharusnya kan mobil itu sudah laku,” katanya sambil mengingatkan untuk tetap waspada saat bertransaksi dengan pihak yang tidak jelas identitasnya. (http://www.astraworld.com/mla)

Sumber Berita : Liputan6.Com

0 komentar:

Poskan Komentar

mangacan update